Senin

Tentang Selembar Kain Ini....

Dan kuturunkan kain ke dadaku
Kuturunkan dia supaya ikut tunduk pandanganku
Kuturunkan kain dari ubun - ubun menyungkup rambutku,
supaya terlidung dan selamat aku,

dari terik matahari ketika kerontang,
pedih musim ketika dingin,
serta gerayang panas mata dan tangan orang - orang berhati lemah
yang berkeliaran di sepanjang jalan

Kuturunkan kain ini supaya terjaga aku,
tidak saja dari gangguan orang - orang yang kutemui,
tetapi juga dari godaan dalam diriku sendiri yang ingin bertingkah

Kain ini menyelamatkan aku serta orang - orang di sekelilingku
dari daya tarik keperempuananku yang mungkin menipu
Dan kain ini menjadi diriku, kulitku, identitasku
Tidak lagi bisa kulepas dia
apalagi kubiarkan dia direnggut dari diriku


Dengan kain ini,
aku berkata " tidak " pada masa lalu yang lemah
kepada hubungan sosial yang eksploitatif
serta struktur ekonomi, sosial dan politik yang tak adil
memperbodoh manusia dan mengancurkan dirinya sendiri

Kuturunkan kain ini
supaya aku bisa mengucapkan salam kepada dunia
bukan hanya dengan mulut
tetapi juga dengan seluruh diri...

Berbusana muslimah sudah nyata tersurat sebagai ketentuan yang harus dijalankan oleh seorang perempuan pemeluk Islam. Detail bentuk bisa ditafsirkan secara beragam. Tetapi yang jelas, ia harus menutup keseluruhan penampakan tubuh perempuan, kecuali wajah dan tangan.

Dan kuturunkan kain bagi keberadaanku
Maknanya adalah cinta
Cinta ketaatan kepada-Nya
Cinta penyelamatan bagi makhluk - makhluk-Nya
dan cinta,
bagi seorang saja yang paling berhak untuk membukanya...


( Dari : Dan Kuturunkan Kain_Miranda Risang Ayu )